Siti Zamroh
Perilaku Konsumen Consumer Behavior Class IKK 231 2013
SITI ZAMROHUndergarduate Student Majoring in Agronomy and Horticulture Dept of Agronomy and Horticulture, Faculty of Agriculture.
Bogor Agricultural University
Notes On Consumer Behavior Class IKK 231
Class notes on
Thursday 21 februari 2013 lecture
Proses keputusan konsumen dalam membeli dalam mengonsumsi barang
dan jasa terdiri atas beberapa tahap, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian
informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan kepuasan konsumen. Perilaku
zapping à mengubah channel mempengaruhi perilaku konsumen, sehingga dapat
di deteksi seberapa banyak kita mengganti channel telvisi untuk mengukur
ketenaran suatu acara atau iklan yang ditonton.
Hal-hal
yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah perbedaan individu, proses
keputusan, faktor lingkungan, implikasi dan strategi pemasaran.
Teori kepribadian freud :
1. Aspek biologis yang mempengaruhi sejak lahir, mendorong
kebutuhan fisiologis
2. Super ego
3. Ego
Ego
berada diantara sifat Id dan super ego, ego
merupakan sifat yang menengahi, id
adalah sifat yang cenderung buas, sedangkan super ego cenderung untuk taat pada peraturan.
Teori neo-freud (teori sosial
psikologi)
1
lingkungan sosial membentuk keperibadian
Sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang konsumen adalah complaint
yaitu tergantung pada orang sekelilingnya, suka berkelompok. Orang seperti ini
biasanya merupakan pengonsumsi dengan gaya brand
community, ada juga aggressive yaitu keperibadian yang dicirikan dengan
adanya motivasi untuk memperoleh kekuasaan. Detached merupakan sifat yang
cenderung individual, ingin bebas dan mandiri.
Teori ciri (Trait Theory)
Gaya
hidup juga mempengaruhi pola konsumsi, tidak tergantung pada banyaknya uang
yang dimiliki. Misalnya dua orang yang sama-sama menjabat pada 2 bank ternama
di Indonesia, si A memiliki gaya hidup mewah yang setiap weekend memilih
jalan-jalan dengan makan malam di Singapore, makan siang di Thailand, tapi si B
lebih sederhana dengan menikmati akhir pekannya di rumah menghabiskan waktu
untuk lebih memperhatikan keluarganya. Namun perlu diingat bahwa gaya hidup
pada seseorang akan berubah dengan cepat, sehingga pola konsumsi seseorang juga
dapat berubah tanpa diduga.
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Lecturers of Consumer Behavior Class Semester Feb – May 2013
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC (www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir Lilik Noor Yuliati
Ir. Retnaningsih, MS
Megawati Simanjuntak, SP, MS
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University
Komentar
Posting Komentar