Siti Zamroh


Perilaku Konsumen Consumer Behavior Class IKK 231 2013

SITI ZAMROH
Undergarduate Student Majoring in Agronomy and Horticulture Dept of
Agronomy and Horticulture,  Faculty of Agriculture.
Bogor Agricultural University


Notes On Consumer Behavior Class IKK 231 

Class notes on Thursday 21 februari 2013 lecture

Proses keputusan konsumen dalam membeli dalam mengonsumsi barang dan jasa terdiri atas beberapa tahap, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan kepuasan konsumen. Perilaku zapping à mengubah channel mempengaruhi perilaku konsumen, sehingga dapat di deteksi seberapa banyak kita mengganti channel telvisi untuk mengukur ketenaran suatu acara atau iklan yang ditonton.
Hal-hal yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah perbedaan individu, proses keputusan, faktor lingkungan, implikasi dan strategi pemasaran.
Teori kepribadian freud :
1.  Aspek biologis yang mempengaruhi sejak lahir, mendorong kebutuhan fisiologis
2.  Super ego
3.  Ego
Ego berada diantara sifat Id dan super ego, ego merupakan sifat yang menengahi, id adalah sifat yang cenderung buas, sedangkan super ego cenderung untuk taat pada peraturan.
Teori neo-freud (teori sosial psikologi)
1 lingkungan sosial membentuk keperibadian
Sifat-sifat yang dimiliki oleh seorang konsumen adalah complaint yaitu tergantung pada orang sekelilingnya, suka berkelompok. Orang seperti ini biasanya merupakan pengonsumsi dengan gaya brand community, ada juga aggressive yaitu keperibadian yang dicirikan dengan adanya motivasi untuk memperoleh kekuasaan. Detached merupakan sifat yang cenderung individual, ingin bebas dan mandiri.
Teori ciri (Trait Theory)
Gaya hidup juga mempengaruhi pola konsumsi, tidak tergantung pada banyaknya uang yang dimiliki. Misalnya dua orang yang sama-sama menjabat pada 2 bank ternama di Indonesia, si A memiliki gaya hidup mewah yang setiap weekend memilih jalan-jalan dengan makan malam di Singapore, makan siang di Thailand, tapi si B lebih sederhana dengan menikmati akhir pekannya di rumah menghabiskan waktu untuk lebih memperhatikan keluarganya. Namun perlu diingat bahwa gaya hidup pada seseorang akan berubah dengan cepat, sehingga pola konsumsi seseorang juga dapat berubah tanpa diduga.

Based on Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan 
Picture1Picture2
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Lecturers of Consumer Behavior Class Semester  Feb – May  2013
ž  Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC (www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir Lilik Noor Yuliati
ž  Ir. Retnaningsih, MS
ž  Megawati Simanjuntak, SP, MS
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University




Komentar

Postingan populer dari blog ini

untuk dikisahkan

speak up is easy

Maknai Secuil Torehan tinta